Nasehat

Membicarakan Fitnah di Internet : Nasehat Seorang Ustadz

Bismillah. Mencermati dahsyatnya fitnah yang berseliweran di internet dan FB terkhusus masalah Jum’iyyah Ihyaut-Turats sehingga banyak yang angkat bicara. Maka ana (Fahruddin Abu Shafiyyah) mencoba menanyakan permasalahan ini kepada salah seorang ustadz. Dan walhamdulillah beliau memberikan nasehat sebagaimana berikut, hanya saja beliau menolak untuk disebutkan nama beliau. Berikut teks pertanyaan ana dan jawaban beliau :

Pertanyaan Fahruddin Abu Shafiyyah :

ini nash pertanyaan ana ke salah seorang ustadz yang beliau menolak disebut namanya : salamun ‘alaikum ustadz afwan kalau ana menggangu lagi ada yang mau ana tanyakan lagi ini. bagaimana nasehat atau pendapat ustadz tentang para ikhwa yang selalu menampilkan status di facebook yang mentahdzir IT yang status/tulisan tersebut dibaca oleh banyak orang dan seringnya status itu berakhir dengan perdebatan dan salin mencaci antara yang pro dan kontra?

Jawaban beliiau hafizhahullah :

Kadang2 perlu disampaikan dan jangan sering2 sehingga melalaikan dari perkara yg lebih penting, dan jika sebagian Ikhwan telah menyampaikan maka sebagian yg lain lebih baik menyampaikan perkara yg lebih penting semisal tauhid dan bahaya syirik

Dan harus diperhatikan maslahat dan mudarat, jika teman FB kita banyak orang2 awam maka sebaiknya dihindari dulu, sebab mereka lebih perlu masalah yg lebih penting bagi mereka [yakni tauhid dan tata cara ibadah sesuai Sunnah], dan dikhawatirkan akan membuat mereka lari dari dakwah atau terjatuh kpd sesuatu yg lebih mungkar dari IT. Ini kaidah penting yg pernah disinggung Syaikh Abdullah Al-Mar’i hafizhahullah terkait dakwah para pembela IT di Indonesia.

Dan jika dari kalangan mereka mendebat maka nasihat ana utk menghapus komennya dan jangan dilayani debatnya.

Dan hendaklah dlm mendebat mereka dgn kata-kata yg ilmiah dan santun agar mereka mendapat hidayah insya Allah ta’ala, jangan sampai cacian dan cercaan kita akan semakin menjauhkan mereka dari al-haq.

Wallahu A’lam.

Fahruddin Abu Shafiyyah :

jazakallahu khoir atas nasehatnya ustadz… apa nasehatnya ini bisa ana publikasikan?

Beliau Menjawab :

Masalah yg sensitif ini sepertinya tidak pantas Antum nisbahkan kepada ana jika Antum posting, sebaiknya Antum minta nasihat kepada Asatidzah yg lebih pantas seperti Ustadz Muhammad As-Sewed, Ustadz Dzulqarnain, Ustadz Luqman Ba’abduh, Ustadz Askari hafizhahumullah, barulah Antum posting.

Kecuali Antum tidak sebut nama ana tidak masalah insya Allah, tapi ana sangat menyarankan utk bertanya kpd para Asatidzah tsb.

========== Selesai ==========

Perhatikan ya ikhwa sekalian bagaimana seorang ustadz yang lebih berilmu mampu menahan diri untuk berbicara tentang perkara fitnah ini dan menyarankan agar menanyakannya ke para asatidzah yang lebih berilmu dari beliau, maka AMBILLAH PELAJARAN wahai saudaraku.

Lebih dalam perkara ini maka silahkan download dan dengarkan nasehat dari Al ustadz Dzulqarnain dalam masalah ini di sini :

Download Rekaman Fiqih Muamalah Sururiyah Hizbiyyah dan Sebab2 Perselisihan – Al Ustadz Dzulqarnain

Berikut screenshoot dari dialog ana dengan beliau

About Fahruddin Abu Shafiyyah

Hanya Seorang Hamba Yang Sangat Butuh Kepada Ampunan Rabbnya

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Radio An-Nash Jakarta

Daftar Coretan

%d blogger menyukai ini: