Sesatkah Kitab Al Barzanji

Sesatkah Kitab Al Barzanji? : Mereka Menghambakan Diri Kepada Rasulullah

Kemudian lihat bait-bait yang paling mengerikan dalam kitab Al Barzanji yakni bait ke-21 sampai bait ke-26, kemudian bait 31 – 35.

  1. dalam kehendakmu seluruh makhluq; senantiasa mereka tercengang

  2. engkau penutup para Rasul; engkau banyak bersyukur kepada Allah Azza wa Jalla

  3. hambamu yang miskin mengharapkan; kemurahanmu pada golongan yang besar.

  4. Padamu, sungguh baik persangkaanku; wahai pembawa berita gembira dan pembawa peringatan.

Perhatikan baik-baik yang digarisbawahi di atas, siapapun yang memiliki iman yang benar, berada di atas fitrah dan millah Ibrahim yang hanif niscaya tidak akan kabur baginya kesyirikan yang sarih(jelas) yang terkandung dalam baiot-bait di atas.kata-kata di atas memberi beberapa hal, yaitu :

  1. Penetapan kehendak bagi Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam.

Allah Azza wa Jalla Berfirman :

وَمَا تَشَاءُونَ إِلَّا أَن يَشَاءَ اللَّـهُ ۚ إِنَّ اللَّـهَ كَانَ عَلِيمًا حَكِيمًا

Dan kamu tidak mampu (menempuh jalan itu), kecuali bila dikehendaki Allah. Sesungguhnya Allah adalah Maha mengetahui lagi Maha Bijaksana.

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda :

“…dan sesungguhnya kalian telah berkata dengan sebuah kalimat, yang saat itu karena ada yang demikian dan demikian yang menghalangiku untuk melarang kalian. Maka sekarang janganlah kalian berkata, ‘Atas kehendak Allah dan kehendak Muhammad.’ Tetapi katakanlah, ‘Atas kehendak Allah Azza wa Jalla semat.’” (HSR Ibnu Majah no. 2118 dari Tufail, saudara kandung Aisyah)

  1. Penghambaan kepada Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam.

Imam Bukhari dan Imam Muslim meriwayatkan dari Abu Hurairah, beliau bersabda,

Janganlah salah seorang dari kalian berkata (kepada hamba sahaya atau pelayan): ‘Hidangkan makanan untuk Rabbmu (Tuanmu) atau sediakan air wudlu untuk Rabbmu (Tuanmu).’ Dan hendaklah dia (hamba sahaya itu) berkata, ‘Sayyidi (Tuanku) atau Maulaya (Tuanku).’

Jangan pula berkata (kepada hamba sahaya): ‘ Abdi (Hamba laki-lakiku) atau ‘Amati (Hamba perempuanku)’. Namun hendaklah dia mengatakan. “Fataya (wahai pemudaku)’ atau Fatati (wahai pemudiku),’ begitu pula engkau mengatakan , ‘Ghulami (anak mudaku).”

  1. Pengharapan kepada Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam.

Allah Azza wa Jalla berfirman :

قُلْ إِنَّمَا أَنَا بَشَرٌ مِّثْلُكُمْ يُوحَىٰ إِلَيَّ أَنَّمَا إِلَـٰهُكُمْ إِلَـٰهٌ وَاحِدٌ ۖ فَمَن كَانَ يَرْجُو لِقَاءَ رَبِّهِ فَلْيَعْمَلْ عَمَلًا صَالِحًا وَلَا يُشْرِكْ بِعِبَادَةِ رَبِّهِ أَحَدًا ﴿١١٠

Katakanlah: Sesungguhnya Aku Ini manusia biasa seperti kamu, yang diwahyukan kepadaku: “Bahwa Sesungguhnya Tuhan kamu itu adalah Tuhan yang Esa”. barangsiapa mengharap perjumpaan dengan Tuhannya, Maka hendaklah ia mengerjakan amal yang saleh dan janganlah ia mempersekutukan seorangpun dalam beribadat kepada Tuhannya”.

Kesemuanya adalah hak-hak Allah Azza wa Jalla yang dipalingkan kepada Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam, penetapan kehendak secara global, mengatakan Abduka kepada beliau, tapi bagi penulis (Al barzanji) itu tidak masalah karena memang salah satu neneknya bernama Abdun-Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam(hambanya Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam), dan memberikan ibadah Raja’ (harap) kepada Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam.

Syirik…syirik…syirik… Al Barzanji telah membanjiri bukunya dengan bait-bait semisal di atas yang mengandung kesyirikan yang bisamengeluarkan dari islam, memangkas habis dasar-dasar keimanan dan keislaman seseorang yaitu, kemurnian ibadah kepada Allah Azza wa Jalla semata

About Fahruddin Abu Shafiyyah

Hanya Seorang Hamba Yang Sangat Butuh Kepada Ampunan Rabbnya

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Radio An-Nash Jakarta

Daftar Coretan

%d blogger menyukai ini: