Sesatkah Kitab Al Barzanji

Sesatkah Kitab Al Barzanji : Nasab Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam di Dalamnya

Pada bagian berikutnya (setelah bagian pembukaan)1 disebutkan nasab Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam sampai kepada Nabiyullah Ismail. Pada bagian ini terdapat beberapa bait yang perlu dijelaskan dan dibersihkan dari kebatilan.

….

8) Di dalam sulbinya2, didengar Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam berdzikir dan bertalbiyah kepada Allah Azza wa Jalla.

9) Dan jelas kecemerlangannya pada kedua-dua sisi dahi Abdul Muththalib dan putranya Abdullah

Berita di atas hanyalah berita tanpa dalil yang shahih, jangankan shahih, sanadnyapun tidak ada3. Jika ditanya dari mana keterangan ini didapat atau siapakah orang yang mendengar bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam bertalbiyyah kepada Allah Azza wa Jalla dalam sulbi nenek-neneknya, maka tidak akan ditemukan sampai kiamat. Sementara berita tentang Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam adalah bagian dari agama yang tidak boleh berbicara akan hal itu kecuali adanya dalil dari Qur’an dan/atau sunnah Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam yang shahih.

Diriwayatkan oleh lebih dari seratus sahabat bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam bersabada,

Barang siapa yang berdusta atas namaku dengan sengaja maka hendaklah dia menyiapkan tempat duduknya di neraka.

Kitab ini (Barzanji) penuh dengan kedustaan atas nama Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam. Semua keterangan yangmengatas namakan Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam tanpa dasar yang shahih, maka itu berarti sebuah kedustaan yang di ancam dengan neraka. Maka perhatikanlah wahai orang yang memiliki akal.

Menjelang Kelahiran Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam.

Kisah tentang kelahiran Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam disebutkan pada bagian selanjutnya 4

  1. ketika Allah Azza wa Jalla Ta’alah menghendaki untuk menciptakan –menghadirkan- hakikat kemuhammadiyahan5.

  2. Dan melahirkan jasmani dan rohaninya dengan bentuk rupanya dan sifatnya di alam dunia.

  3. Maka Allah Azza wa Jalla memindahkan tempat nur kenabiannya kepada Aminah yang suci.

……

penjelasan tentang bait di atas telah lewat. Sementara bait-bait selanjutnya yang menceritakan situasi dan kondisi menjelah kelahiran Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam penuh dengan kedustaan, tanpa keterangan yang shahih.

  1. serta bumi yang telah gersang bertahun-tahun, mulai tumbuh tanamannya menjadi bumi yang sangat subur.

  2. Buah-buahan pun segera menjadi masak, sedap, dan cabang serta dahannya melengkung dan merendah

  3. Dan seluruh binatang melatah berbicara kepada suku Quraisy dengan lisan (bahasa) arab yang fasih.

Peristiwa-peristiwa tersebut di atas dan bait-bait selanjutnya semuanya tidak mempunyai landasan yang shahih, tidak memiliki sanad yang bisa dipertanggungjawabkan, bahkan sekedar yang lemahpun tidak ada. Sesungguhnya kitab barzanji ini penuh dengan khayalan-khayalan penulisnya. Dari mana keterangan bahwa bumi langsung subur, buah-buahan segera masak dan binatang melata, ular, kodok, biawak berbicara kepada orang Quraisy Dengan Lisan (Bahasa Arab) yang Fasih. Membaca kitab ini seperti menonton film kartun.6

Di sana juga disebutkan pada bait 7 halaman 22 disebutkan bahwa, maka pada malam kelahirannya Asiyah7 dan Maryam8 datang beserta sejumlah bidadari surga kepada ibunya (Aminah) kembali sebuah keterangan tanpa dasar.

Perhatikanlah wahai kaum muslimin

Orang yang benar-benar memiliki cinta yang benar kepada Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam pasti akan meninggalkan bacaan seperti ini. Ini baru pembahasan tentang lafal isi, belum makna dan maksud pembacaannya. Membaca Al Qur’an saja kemudian meyakini bahwa bacaan Al Qur’an kita itulah yang menyelamatkan dari bahaya maka itu adalah sebuah pelanggaran besar. Sementara banyak orang yang membaca atau melakukan barzanji meyakini bahwa jika mereka tidak melakukannya maka mereka akan sial atau keberuntungannya akan berkurang.

Sebagai contoh, di tengah masyarakat kita sebagian orang jika keluarganya naik haji maka mereka melakukan barzanji tiap malam jum’at dengan meyakini bahwa jika mereka tidak melakukannya maka orang yang naik haji akan sakit atau tertimpa kesialan lain selama dalam perjalanan.

Kemudian setiap bagian atau bab dalam kitab Al Barzanji selalu dimulai dengan bait :

Ya Allah Azza wa Jalla, taburkanlah pada kuburnya (Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam) yang mulia, wewangian dari shalawat dan salam sejahtera

Bait di atas adalah ghuluw terhadap kuburan yang telah diberantas dan diperingatkan oleh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam sebagaiman telah dijelaskan pada bagian sebelumnya.

1 Halaman 12 pada kitab yang ada pada penyusun.

2 Yaitu nenek-nenek Rasulullah

3 Hal ini menjadikan kisah tentang Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam yang ditulis oleh Ja’far Al Barzanji tak ada bedanya dengan kisah Ken Arok dan Ken Dedes atau kisahnya Brama Kumbara dan Arya Kamandanu.

4 hal 18 dari kitab Al Barzanji pegangan penyusun.

5 Maksudnya meciptakan Rasulullah.

6 Mungkin ada yang berkata bahwa itu adalah keajaiban-keajaiban yang terjadi sebagai bagian dari mu’jizat yang menunjukkan keutamaan Rasulullah, maka kita katakan sebagaimana perkataan Ibnu Sirin (seorang pembesar Tabi’in) “bahwa sanad adalah bagian dari agama, kalau bukan karena sanad maka tentu berkata siapa saja apa yang mau dikatakan.” Maka datngkanlah sanad wahai para pembela barzanji, kalau tidak maka sungguh agama telah dijadikan seperti agama Budha yang mengisahkan bahwa Sidagrta Gautama menuju Nirwana dan jadi Budha atau kisahnya Mahabharata di mana Khrisna ternyata adalah titisan Wisnu dalama mitologi Hindu.

7 Istri Fir’aun

8 Ibunda Nabiyullah Isa.

Iklan

About Fahruddin Abu Shafiyyah

Hanya Seorang Hamba Yang Sangat Butuh Kepada Ampunan Rabbnya

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Radio An-Nash Jakarta

Daftar Coretan

Iklan
%d blogger menyukai ini: