Fiqih/Tanya Jawab

Masalah Qoshor dan Bersin

Fatwa Syaikh Muqbil bin Hadi Al Wadi’i
Ahli Hadits Negeri Yaman – rahimahullah

 

Tanya: Seorang laki-laki mempunyai dua rumah di dua tempat / kota. Apakah boleh jika ia musafir ke salah satu rumahnya mengqoshor sholatnya?

 

Jawab: Jika dia mempunyai dua rumah, kemudian singgah / tinggal pada salah satunya, maka wajib menyempurnakan sholatnya baik di rumah yang ini maupun di rumahnya yang itu. Namun jika datang waktu sholat dan dia belum sampai ke salah satu rumah yang ditujunya (yakni masih di perjalanan, -pent.) boleh baginya mengqoshor sholat, baik ke rumah yang ini maupun ke rumahnya yang itu, kecuali kalau dia telah berniat untuk meninggalkan salah satu rumahnya untuk selama-lamanya, seperti yang telah dilakukan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam meninggalkan Makkah (berhijroh, -pent.), ketika beliau tinggal di Makkah beliau mengqoshor sholatnya. Maka boleh bagi diapun untuk mengqoshornya apabila tiba di rumah yang dia telah berniat untuk meninggalkannya (tidak tinggal di sana, -pent.). Wallahul Musta’an.

 

Tanya: Orang yang bersin kemudian mengucapkan, “Alhamdulillah”. Apakah wajib bagi yang mendengarnya untuk menjawabnya?

Jawab: Wajib, dan ini tidak seperti menjawab salam yang sah jika telah terwakili oleh satu orang, misalnya seseorang mengucapkan salam pada kita kemudian salah seorang di antara kita menjawabnya. Tetapi kalau orang yang bersin menjadi haq bagi semua yang mendengarnya untuk mentasymitkannya (yakni mendo’akannya dengan kebaikan, seperti: Yarhamukallah, -pent.) apabila ia mengucapkan “Alhamdulillah”. Terdapat dalam hadits, “Apabila salah seorang di antara kalian bersin kemudian mengucapkan Alhamdulillah. Maka haq atas yang mendengarnya untuk mentasymitkannya.” Atau yang semakna dengan ini.


Sumber: Ijabatus Saail ‘alaa Ahammil Masaail

Diterjemahkan oleh Al Ustadz Abu Hamzah Al Atsari.

 

Sumber Buletin Al Wala’ Wal Bara’ Edisi ke-10 Tahun ke-1 / 21 Februari 2003 M / 19 Dzul Hijjah 1423 H

Iklan

About Fahruddin Abu Shafiyyah

Hanya Seorang Hamba Yang Sangat Butuh Kepada Ampunan Rabbnya

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Radio An-Nash Jakarta

Daftar Coretan

%d blogger menyukai ini: