Manhaj

Hadits Dha’if untuk Penyemangat dalam Beribadah (Fadhailul A’mal)

Tanya: Assalamu ‘alaikum, ustadz. Bagaimana hukum menggunakan hadits dha’if untuk menambah semangat beribadah? Berkaitan dengan hukum menghafal 40 hadits. (08562237***).


Jawab: Wa ‘alaikum salam warahmatullahi wabarokatuh, tentang masalah ini ahlul ilmi telah berselisih pendapat hingga tiga pendapat:

Pertama: Tidak boleh beramal dengannya / tidak diamalkan secara mutlak, ini pendapatnya Yahya ibnu Ma’in dan yang nampak dari pendapat Bukhori dan Muslim, juga pendapatnya Ibnu Hazm, Abu Bakar Ibnul ‘Arobi dan Jalaluddin Ad Dawaani.

Kedua: Boleh diamalkan secara mutlak, pendapat ini dinisbatkan kepada Abu Daud, Ahmad, dan juga Abu Hanifah.

Ketiga: Boleh beramal dengannya dalam hal yang berkaitan dengan keutamaan-keutamaan amal, nasehat, kisah-kisah, serta targhib dan tarhib. Pendapat ini dinukil dari Ahmad, Ibnul Mubarok, Ibnu Sayidinnas, dan lain-lain.

Yang paling kuat dan valid dari ketiga pendapat itu adalah yang pertama bahwa hadits dha’if tidak boleh diamalkan secara mutlak, demi untuk menolak fitnah dan menutup pintu-pintu penyimpangan yang mayoritasnya bermula dari penggunaan hadits-hadits dha’if. Sebenarnya umat Islam telah tercukupkan dengan hadits-hadits shohih yang juga sangat banyak memberikan dorongan semangat beribadah, lebih dari itu hadits dha’if tidak mungkin untuk dijadikan sumber hukum syar’i. Wal ilmu indallah. (Lihat Al Qoulul Munif fi Hukmil Amal bil Hadits Dha’if halaman 26, 31, 40, dan setelahnya).

 

 Sumber :

Buletin Al Wala’ Wal Bara’ Ma’had Adhwaus Salaf Bandung

Edisi ke-29 Tahun ke-2 / 11 Juni 2004 M / 23 Rabi’uts Tsani 1425 H

Iklan

About Fahruddin Abu Shafiyyah

Hanya Seorang Hamba Yang Sangat Butuh Kepada Ampunan Rabbnya

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Radio An-Nash Jakarta

Daftar Coretan

%d blogger menyukai ini: