Nasehat

Faedah Ta’lim Ustadz Khidhir : Beberapa Ayat Dari Surat Al Fajr Mengikis Habis Kesombongan

Di antara faidah ta’lim (pengajian) yang saya ikuti tadi malam yang membahas Kitab Riyadhush-Shalihin Imam An Nawawi Oleh Al Ustadz Khidhir bin Muhammad Sanusi -Hafizhahullah- adalah :

beberapa ayat dalam Al Qur’an -bagi orang yang mentadabburinya- cukup untuk mengikis dan menghancurkan kesombongan yang tersimpan dalam dadanya, bacalah

Apakah kamu tidak memperhatikan bagaimana Tuhanmu berbuat terhadap kaum ‘Aad? (yaitu) penduduk Iram yang mempunyai Bangunan-bangunan yang tinggi. Yang belum pernah dibangun (suatu kota) seperti itu, di negeri-negeri lain. Dan kaum Tsamud yang memotong batu-batu besar di lembah. Dan kaum Fir’aun yang mempunyai pasak-pasak. Yang berbuat sewenang-wenang dalam negeri, Lalu mereka berbuat banyak kerusakan dalam negeri itu. Karena itu Tuhanmu menimpakan kepada mereka cemeti azab (Al Fajr 6 – 13)”

Lihatlah bagaimana Allah subhanahu wa ta’ala menceritakan kepada kita tentang kaum-kaum yang sangat hebat dan kuat, dalam ayat-ayat di atas Allah menceritakan kepada kita 3 kaum yang sangat luar biasa yakni

  • kaum Iram (yakni kaum Aad) yang begitu hebat dalam membangun sebuah kota yang belum pernah diciptkan yang semisalnya di negeri manapun,

  • kaum tsamud yang sangat kuat sehingga mampu menguasai bebatuan dan lembah bahkan menjadikannya rumah

  • Kaum Fir’aun yang memiliki Pasak2 yang dengannya tegak bangunan-bangunan yang kokoh dan tinggi

    Ketiga kaum tersebut Allah binasakan dengan cambukan adzab dari langit, ada yang dibinasakan dengan hempasan angin (kaum Aad), ada yang dibinasakan dengan suara yang mengguntur (kaum Tsamud) dan ada yang dibinasakan dengan ditenggelamkan (Fir’aun dan kaumnya). Tentang kaum Aad Allah berfirman : “Sesungguhnya Kami telah menghembuskan kepada mereka angin yang sangat kencang pada hari nahas yang terus menerus. Yang menggelimpangkan manusia seakan-akan mereka pokok korma yang tumbang. (Al Qamar 19 – 20)

    Tentang Kaum Tsamud Allah berfirman : Sesungguhnya Kami menimpakan atas mereka satu suara yang keras mengguntur, Maka jadilah mereka seperti rumput kering (yang dikumpulkan oleh) yang punya kandang binatang. (Al Qamar 31)

    Tentang kaum fir’aun Allah berfirman : “dan biarkanlah laut itu tetap terbelah. Sesungguhnya mereka adalah tentara yang akan ditenggelamkan”. (Ad Dukhan 24)

Di tempat lain Allah berfirman : “dan betapa banyaknya negeri yang (penduduknya) lebih kuat dari pada (penduduk) negerimu (Muhammad) yang telah mengusirmu itu. Kami telah membinasakan mereka, Maka tidak ada seorang penolongpun bagi mereka.” (Muhammad 13)

Allah Juga berfirman : “dan berapa banyaknya umat-umat yang telah Kami binasakan sebelum mereka yang mereka itu lebih besar kekuatannya daripada mereka ini, Maka mereka (yang telah dibinasakan itu) telah pernah menjelajah di beberapa negeri. Adakah (mereka) mendapat tempat lari (dari kebinasaan)? “ (Qaaf 36)

Demikianlah jika kaum-kaum yang sedemikian hebat dan kuatnya Allah binasakan dalam sekejap maka apa yang hendak kita sombongkan, sementara kita lebih lemah dari mereka.

Kemudian Allah berfirman dalam surat al fajr ayat 14 -setelah menceritakan kaum2 tersebut dan kebinasaan mereka- “ Sesungguhnya Tuhanmu benar-benar mengawasi.” sebagai peringatan buat kita agar tidak melakukan kesewenang-wenangan dan pelampauan batas sebagaimana yang diperbuat oleh kaum Aad, Tsamud dan Fir’aun sehingga kitapun akan mendapatkan adzab sebagaimana mereka telah mendapatakan adzab. Dengan memahami ayat ini akan menumbuhkan pengetahuan dan perasaan bahwa Allah senantiasa mengawasi kita. Wallahu A’lam

Catatan : ini bukanlah transkrip tapi faedah yang ana ambil dari penjelasan beliau.

 

 

Iklan

About Fahruddin Abu Shafiyyah

Hanya Seorang Hamba Yang Sangat Butuh Kepada Ampunan Rabbnya

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Radio An-Nash Jakarta

Daftar Coretan

%d blogger menyukai ini: