Akhlaq

Belajar Adab Menuntut Ilmu Dari Malaikat Jibril : Faedah Ta’lim Semalam

Belajar Adab Menuntut Ilmu Dari Malaikat Jibril

Dari faedah ta’lim tadi malam oleh Al Ustadz Khidhir bin Muhammad Sanusi -hafizhahullah- yang membahas Kitab Riyadhush Shalihin Karya Al Imam An Nawawi –rahimahullah- . Pembahasan tadi malam sampai pada Hadits Pertama Dalam Bab Muraqabah Yakni Hadits

عن عمر بن الخطاب رضي الله عنه قال : بينما نحن جلوس عند رسول الله صلى الله عليه وسلم ذات يوم إذ طلع علينا رجل شديد بياض الثياب شديد سواد الشعر , لا يرى عليه أثر السفر , ولا يعرفه منا أحد حتى جلس إلى النبي صلى الله عليه وسلم فأسند ركبته إلى ركبتيه ووضح كفيه على فخذيه , وقال : يا محمد أخبرني عن الإسلام , فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم الإسلام أن تشهد أن لا إله إلا الله وأن محمدا رسول الله وتقيم الصلاة وتؤتي الزكاة وتصوم رمضان وتحج البيت إن استطعت إليه سبيلا قال صدقت فعجبا له يسأله ويصدقه , قال : أخبرني عن الإيمان قال أن تؤمن بالله وملائكته وكتبه ورسله واليوم الآخر وتؤمن بالقدر خيره وشره قال : صدقت , قال : فأخبرني عن الإحسان , قال أن تعبد الله كأنك تراه , فإن لم تكن تراه فإنه يراك قال , فأخبرني عن الساعة , قال ما المسئول بأعلم من السائل قال فأخبرني عن اماراتها . قال أن تلد الأمة ربتها وأن ترى الحفاة العراة العالة رعاء الشاء يتطاولون في البنيان ” . ثم انطلق فلبث مليا , ثم قال يا عمر , أتدري من السائل ؟” , قلت : الله ورسوله أعلم , قال فإنه جبريل أتاكم يعلمكم دينكم رواه مسلم

Dari Umar bin Al-Khathab radhiallahu ‘anh, dia berkata: ketika kami tengah berada di majelis bersama Rasulullah pada suatu hari, tiba-tiba datang kepada kami seorang laki-laki yang berpakaian sangat putih, berambut sangat hitam, tidak terlihat padanya tanda-tanda bekas perjalanan jauh dan tidak seorangpun diantara kami yang mengenalnya. Lalu ia duduk di hadapan Rasulullah dan menyandarkan lututnya pada lutut Rasulullah dan meletakkan tangannya diatas paha Rasulullah, selanjutnya ia berkata,” Hai Muhammad, beritahukan kepadaku tentang Islam ” Rasulullah menjawab,”Islam itu engkau bersaksi bahwa sesungguhnya tiada Tuhan selain Alloh dan sesungguhnya Muhammad itu utusan Alloh, engkau mendirikan sholat, mengeluarkan zakat, berpuasa pada bulan Romadhon dan mengerjakan ibadah haji ke Baitullah jika engkau mampu melakukannya.” Orang itu berkata,”Engkau benar,” kami pun heran, ia bertanya lalu membenarkannya Orang itu berkata lagi,” Beritahukan kepadaku tentang Iman” Rasulullah menjawab,”Engkau beriman kepada Alloh, kepada para Malaikat-Nya, Kitab-kitab-Nya, kepada utusan-utusan Nya, kepada hari Kiamat dan kepada takdir yang baik maupun yang buruk” Orang tadi berkata,” Engkau benar” Orang itu berkata lagi,” Beritahukan kepadaku tentang Ihsan” Rasulullah menjawab,”Engkau beribadah kepada Alloh seakan-akan engkau melihat-Nya, jika engkau tidak melihatnya, sesungguhnya Dia pasti melihatmu.” Orang itu berkata lagi,”Beritahukan kepadaku tentang kiamat” Rasulullah menjawab,” Orang yang ditanya itu tidak lebih tahu dari yang bertanya.” selanjutnya orang itu berkata lagi,”beritahukan kepadaku tentang tanda-tandanya” Rasulullah menjawab,” Jika hamba perempuan telah melahirkan tuan puterinya, jika engkau melihat orang-orang yang tidak beralas kaki, tidak berbaju, miskin dan penggembala kambing, berlomba-lomba mendirikan bangunan.” Kemudian pergilah ia, aku tetap tinggal beberapa lama kemudian Rasulullah berkata kepadaku, “Wahai Umar, tahukah engkau siapa yang bertanya itu?” Saya menjawab,” Alloh dan Rosul-Nya lebih mengetahui” Rasulullah berkata,” Ia adalah Jibril, dia datang untuk mengajarkan kepadamu tentang agama kepadamu”

 Hadits di atas dikenal dikalangan para ulama dengan nama Hadits Jibril, Hadits yang merupakan salah satu Hadits di antara hadits-hadits yang menjelaskan pondasi-pondasi Agama. Berikut beberapa Faedah yang dijelaskan Oleh Al Ustadz Khidhir –hafizhahulllah-

  1. Bahwa majelis Rasulullah dengan para sahabatnya adalah majelis yang senantiasa di dalamnya dibicarakan ilmu. Para sahabat Rasulullah datang berkumpul di sekeliling beliau untuk mendengarkan ilmu atau menanyakan perkara-perkara mereka. Dari sini ketahuan jahil dan salah serta bathil-bathilnya mereka-mereka yang melarikan diri dari majelis ilmu.

  2. Bahwa di antara salah satu metode pendidikan adalah dengan metode tanya jawab

  3. Bahwasanya kedatangan Jibril memberi banyak faedah berupa Adab dalam Menuntut Ilmu, diantaranya

    – Berpakaian yang rapi dan sopan, Hal ini terlihat dari potongan hadits “ berpakaian sangat putih”

    – Memperbaiki penampilan sebagaimana dalam potongan Hadits “ berambut sangat hitam, tidak terlihat padanya tanda-tanda bekas perjalanan jauh” yang memberi faedah bahwa penampilan Malaikat Jibril saat itu sangat menarik dan bersih.

    – Mendekat kepada sang guru ketika menuntut ilmu sebagaimana dalam perbuatan Jibril dalam potongan hadits “Lalu ia duduk di hadapan Rasulullah dan menyandarkan lututnya pada lutut Rasulullah dan meletakkan tangannya diatas paha Rasulullah,”

    kemudian beliau –hafizhahullah- menyampaikan secara makna hadits tentang 3 orang yang datang ke majelis Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, orang pertama langsung mendekat (mencari tempat terdekat atau tempat kosong dalam majelis) maka Allah Ta’ala pun mendekat padanya, orang kedua duduk di belakang karena malu-malu maka Allah Ta’ala pun malu-malu kepadanya dan orang yang ketiga berpaling dan sekedar berlalu maka Allah Ta’ala pun berpaling darinya.

  4. Ucapan seseorang yang ditanya persoalan agama ketika dia tidak tahu adalah ‘Allah wa RasuluHu A’lam” atau dengan kata “Allahu A’lam” saja- adapun kalau perkara dunia -misalnya di tanya “kenapa si fulan tidak hadir?”- maka dia cukup menjawab “Allahu A’lam” dan tidak boleh dengan ‘Allah wa RasuluHu A’lam” sebab Nabi tidak tahu kenapa dia tidak datang.

Demikian sedikit faedah yang ana dapat dan ana bagi, semoga bermanfaat.

Penjelasan hadits ini akan berlanjut pekan depan insya-Allah

Catatan : Ini bukanlah transkrif ucapan ustadz tapi faedah yang ana ambil dan ana sampaikan dengan kata-kata ana sendiri. Wallahu A’lam

 

Iklan

About Fahruddin Abu Shafiyyah

Hanya Seorang Hamba Yang Sangat Butuh Kepada Ampunan Rabbnya

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Radio An-Nash Jakarta

Daftar Coretan

%d blogger menyukai ini: