Uncategorized

Merugi Orang Yang Membiarkan al Qur’an Berdebu

 

Allah Ta’ala Berfirman :

(وَقَالَ الرَّسُولُ يَا رَبِّ إِنَّ قَوْمِي اتَّخَذُوا هَٰذَا الْقُرْآنَ مَهْجُورًا)

“Dan berkatalah ar Rasul, ‘Wahai Rabbku Sungguh Kaumku Telah Menjadikan al Qur’an Ini Sebagai Sesuatu Yang dihijrahi”

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda : ” Akan datang pada manusia satu zaman, dikala itu islam tidak tinggal melainkan namanya, dan Al-qur’an tidak tinggal melainkan tulisannya, masjid-masjidnya bagus namun kosong dari petunjuk, ulama-ulamanya termasuk manusia paling jelek yang berada di bawah langit, karena dari mereka timbul beberapa fitnah dan akan kembali kpdnya. (HR.Baihaqi dari Ali).

#Ibnu Rajab : “Sya’ban Seperti Pendahuluan Ramadhan”

Kedudukan al Qur’an

🔸Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda :

القرأن حجةلك اوعليك

“Al Qur’an itu hujjah bagimu atau hujjah atasmu”

🔸Dari Umar bin Khaththab, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda :

(( إنَّ اللهَ يَرْفَعُ بِهَذَا الكِتَابِ أقْوَاماً وَيَضَعُ بِهِ آخرِينَ )) رواه مسلم .

“Sesungguhnya Allah dengan Al-Qur`an ini mengangkat suatu kaum, dan menghinakan kaum yang lainnya.” [HR. Muslim 269]

🔸Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda : ” Aku tinggalkan bagi kalian dua perkara yang jika kalian berpegang teguh dengannya maka kalian tidak akan tersesat selamanya, Kitab Allah dan Sunnah Rasul Nya”

📚Fasal : Keutamaan Membaca al Qur’an

💧 Dari Uqbah bin Amir radhiallahu anhu, ia menceritakan, “Rasulullah shallallahu alaihi wassalam Datang menemui kami di shuffah, lalu beliau bertanya, ‘Siapakah diantara kalian yang suka pergi setiap hari ke pasar Buth-han atau Aqiq lalu ia pulang dengan membawa dua ekor unta betina dari jenis yang terbaik tanpa melakukan satu dosa atau memutuskan tali silaturahmi?’ Kami menjawab, Ya Rasulullah, kami semua menyukai hal itu.’
Rasululullah shallallahu alaihi wassalam bersabda, ‘Mengapa salah seorang dari kalian tidak kemasjid lalu mempelajari atau membaca dua buah ayat al Qur’an lebih baik baginya dari pada dua ekor unta betina, tiga ayat lebih baik dari tiga ekor unta betina, dan begitu pula membaca empat ayat lebih baik baginya daripada empat ekor unta betina, dan seterusnya sejumlah ayat yang dibaca mendapat sejumlah yang sama dari unta-unta.” (Hr. Muslim dan Abu Dawud)

#Manusia Terkaya di Dunia Adalah Penuntut Ilmu, Pembaca al Qur’an.

💧Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda : “Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Al Qur’an maka baginya satu hasanah, dan hasanah itu akan dilipatgandakan sepuluh kali. Aku tidak mengatakan Alif Lam Mim itu satu huruf, namun Alif itu satu huruf, Lam satu huruf dan Mim satu huruf.” (HR. At Turmudzi).

💧Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda : “Orang (mukmin) yang mahir membaca Qur’an, maka kedudukannya di akhirat di temani para malaikat yang mulia. Dan orang yang membaca Qur’an, padahal dia gagap sehingga sulit baginya membaca, maka dia mendapat pahala ganda.” (Shahih Muslim: 767)

👣Bentuk Meninggalkan Al Qur’an
1⃣ Meninggalkan Membacanya
2⃣ Meninggalkan Menghafalnya
3⃣ Meninggalkan Mentadabburi Ma’nanya
4⃣ Meninggalkan Mengamalkan Kandungannya

🎈🎈🎈🎈🎈🎈🎈

1⃣ Mereka Yang Menghijrahi al Qur’an Dengan Tidak Membacanya

🔸Allah Ta’ala berfirman :

(مَثَلُ الَّذِينَ حُمِّلُوا التَّوْرَاةَ ثُمَّ لَمْ يَحْمِلُوهَا كَمَثَلِ الْحِمَارِ يَحْمِلُ أَسْفَارًا ۚ بِئْسَ مَثَلُ الْقَوْمِ الَّذِينَ كَذَّبُوا بِآيَاتِ اللَّهِ ۚ وَاللَّهُ لَا يَهْدِي الْقَوْمَ الظَّالِمِينَ)

“permisalan orang orang yang dipikulkan (beri) Taurat kemudian ia tidak memikulnya (mengamalkan) adalah seperti keledai keledai yang membawa kitab kitab tebal. Amatlah buruk perumpamaan kaum yang mendustakan ayat ayat Allah. dan Allah tidak menunjuki orang orangyang zhalim”

[Surat Al-Jumua 5]

#Di antara tujuan diturunkannya al Qur’an adalah untuk di baca dan dinamakan al Qur’an (sesuatu yg dibaca)

🔸Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda : “Seseorang yang lisannya tidak pernah membaca al Qur’an seperti rumah yang runtuh”

🔸Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda : , “Akan dikatakan kepada shahib Al Qur’an, “Bacalah dan naiklah serta tartilkan sebagaimana engkau dulu mentartilkan Al Qur’an di dunia, sesungguhnya kedudukanmu di akhir ayat yang kau baca.” (HR. Abu Daud dan Turmudzi)

2⃣ Menghijrahi al Qur’an Dengan Tidak Menghafalnya.

🔗Allah Ta’ala berfirman :

بَلْ هُوَ آيَاتٌ بَيِّنَاتٌ فِي صُدُورِ الَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ ۚ

“Bahkan itu adalah ayat ayat yang jelas di dalam hati orang orang yang diberi Ilmu”

Di antara syarat menjadi Imam adalah yang paling bagus bacaan Qur’an dan paling banyaknya hafalannya.

🔗Allah Ta’ala berfirman :

(وَلَقَدْ يَسَّرْنَا الْقُرْآنَ لِلذِّكْرِ فَهَلْ مِنْ مُدَّكِرٍ)

“Dan telah kami mudahkan al Qur’an sebagai peringatan, maka adakah yang mengambil pelajaran…?”

#Kata Imam Qurthuby -rahimahullah- : Lidzdzikri maksudnya Lihifzhihi… untuk menghafalnya

👉Di antara metode para ulama dalam mengajar adalah menganjurkan untuk menghafal dan yang paling pertama disuruh hafal adalah al Qur’an.

🔸 Abu Umar bin Abdil Barr rahimahullah berkata: “Menuntut ilmu itu ada tahapan-tahapannya. Ada marhalah-marhalah dan tingkatan-tingkatannya. Tidak sepantasnya bagi penuntut ilmu untuk melanggar/melampaui urutan-urutan tersebut. Barangsiapa secara sekaligus melanggarnya, berarti telah melanggar jalan yang telah ditempuh oleh as-salafus shalih rahimahumullah. Dan barangsiapa melanggar jalan yang mereka tempuh secara sengaja, maka dia telah salah jalan, dan siapa saja yang melanggarnya karena sebab ijtihad maka dia telah tergelincir. Ilmu yang pertama kali dipelajari adalah menghafal Kitabullah serta berusaha memahaminya. Segala hal yang dapat membantu dalam memahaminya juga merupakan suatu kewajiban untuk dipelajari bersamaan dengannya. Saya tidak mengatakan bahwa wajib untuk menghafal keseluruhannya. Namun saya katakan bahwasanya hal itu adalah kewajiban yang mesti bagi orang yang ingin untuk menjadi seorang yang alim, dan bukan termasuk dari bab kewajiban yang diharuskan.”

🌴Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda : : “Perumpamaan orang yang berada di atas al Qur’an seperti Onta yang terikat, kalau dia jaga terus ada, kalau dia lalai darinya maka akan lepas” [HR. Muslim]

3⃣ Menghijrahi al Qur’an dengan Meninggalkan Mentadabburi.

Kata Ibnu Katsir -rahimahullah- ketika menafsirkan ayat 30 dari surat al Furqan : “meninggalkan mentadabburi dan memahami maknanya.”

🌹Allah Ta’ala berfirman :

(كِتَابٌ أَنْزَلْنَاهُ إِلَيْكَ مُبَارَكٌ لِيَدَّبَّرُوا آيَاتِهِ وَلِيَتَذَكَّرَ أُولُو الْأَلْبَابِ)

” Ini adalah sebuah kitab yang Kami turunkan kepadamu penuh dengan berkah supaya mereka memperhatikan ayat-ayatnya dan supaya mendapat pelajaran orang-orang yang mempunyai fikiran.”

💐Allah berfirman :

(أَفَلَا يَتَدَبَّرُونَ الْقُرْآنَ أَمْ عَلَىٰ قُلُوبٍ أَقْفَالُهَا)

“Maka apakah mereka tidak memperhatikan Al Quran ataukah hati mereka terkunci?”

💦Ibnu Abbas radhiallahu ‘anhuma berkata : “Seandainya saya membaca surat al Baqarah, kemudian saya mentadabburinya itu lebih saya cintai dari pada menamatkan al Qur’an tanpa faham maknanya.”

💥Abul Aliyah -rahimahullah- berkata : “pelajarilah al Qur’an 5 ayat, 5 ayat karena itu lebih kuat/mengena buat kalian, karena Jibril membawa al qur’an 5 ayat 5 ayat”

💫Abu Abdurrahman as Sulami -rahimahullah- berkata : “Kami mengambil al Qur’an dari para sahabat yang telah dikabarkan kepada kami bahwa mereka tidaklah melewati 10 ayat ke 10 ayat lainnha kecuali setelah memahaminya”

4⃣ Menghijrahi al Qur’an dengan Meninggalkan Beramal Dengannya.

💐Ibnu Mas’ud -radhiallahu ‘anhu- berkata : “adalah kami para sahabat ketika mempelajari al Qur’an, tidaklah melewati 10 ayat kecuali setelah memahami maknanya dan beramal dengannya.”

🌴Nasehat Hudzaifah Ibnul Yaman -radhiallahu ‘anhu : “Wahai Para Pembaca al Qur’an, Istiqamahlah kalian, Maka sungguh mendahului dengan pendahuluan yang sangat jauh, kalau kalian mengambil dari kanan dan kiri kalian maka sungguh kalian telah sesat dengan kesesatan yang jauh”

💫💥💫💥💫💥💫💥💫

Ringkasan Materi Muhadharah, Mesjid al Markaz Ahad, 13 Sya’ban 1436 H / 31 Mei 2015 M Oleh Al Ustadz Fauzan al Kutawy

—————————–
Dirangkum oleh : Abu Shafiyyah al-Bughisy
🌴🌴🌴🌴🌴🌴🌴🌴

📝Silsilah Durus
☎085242245857

Iklan

About Fahruddin Abu Shafiyyah

Hanya Seorang Hamba Yang Sangat Butuh Kepada Ampunan Rabbnya

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Radio An-Nash Jakarta

Daftar Coretan

%d blogger menyukai ini: