๐ BismiLLAH
๐ญSyarh Ringkas Arba’in An-Nawawy (Lanjutan Penjelasan Hadits yang pertama)
๐บAl-Imam Rajab al-Hanbaliy โrahimahullah- berkata:
ููููุฐูุง ุงููุญูุฏููุซู ุฃูุญูุฏู ุงููุฃูุญูุงุฏููุซู ุงูููุชูู ููุฏููุฑู ุงูุฏููููู ุนูููููููุงุ ููุฑููููู ุนููู ุงูุดููุงููุนูููู ุฃูููููู ููุงูู: ููุฐูุง ุงููุญูุฏููุซู ุซูููุซู ุงููุนูููู ูุ ููููุฏูุฎููู ููู ุณูุจูุนูููู ุจูุงุจูุง ู ููู ุงูููููููู. ููุนููู ุงููุฅูู ูุงู ู ุฃูุญูู ูุฏู
๐ููุงูู: ุฃูุตูููู ุงููุฅูุณูููุงู
ู ุนูููู ุซูููุงุซูุฉู ุฃูุญูุงุฏููุซู: ุญูุฏููุซู ุนูู
ูุฑู:
ยซุฅููููู
ูุง ุงููุฃูุนูู
ูุงูู ุจูุงูููููููุงุชูยป
๐ููุญูุฏููุซู ุนูุงุฆูุดูุฉู:
ยซู
ููู ุฃูุญูุฏูุซู ููู ุฃูู
ูุฑูููุง ููุฐูุง ู
ูุง ููููุณู ู
ููููู ูููููู ุฑูุฏููยป
๐ููุญูุฏููุซู ุงููููุนูู
ูุงูู ุจููู ุจูุดููุฑู:
ยซุงููุญูููุงูู ุจูููููู ููุงููุญูุฑูุงู
ู ุจูููููู.ยป
“Hadits ini adalah salah satu dari hadits-hadits yang agama ini berporos di atasnya, diriwayatkan dari
๐(Imam) asy-Syafi’iy bahwasaya beliau berkata: “hadits ini sepertiga ilmu dan masuk ke dalam tujuh puluh pintu fiqh.”
๐๐ปDan dari Imam Ahmad, ia berkata: “pondasi Islam berada di atas tiga hadits;
1โฃ(pertama) hadits “Sesungguhnya amalan itu tergantung dari niatnya”, dan
2โฃ(kedua) hadits Aisyah: “barangsiapa yang mengadakan-ada (amalan baru) dalam urusan (agama) kami yang bukan termasuk darinya, maka ia (amalan itu) tertolak,” dan
3โฃ(ketiga) hadits an-Nu’man bin Basyir: “(perkara) yang halal itu jelas dan (sesuatu) yang haram itu jelas.'”
๐๐(Jami al-Ulum wa al-Hikam, hal. 27-28)
๐ค Ibnu Daqiq al-Ied โrahimahullah- berkata:
ูููุธุฉ: “ุฅูู ุง” ููุญุตุฑ: ุชุซุจุช ุงูู ุฐููุฑ ูุชููู ู ุง ุนุฏุงู ููู ุชุงุฑุฉ ุชูุชุถู ุงูุญุตุฑ ุงูู ุทูู ูุชุงุฑุฉ ุชูุชุถู ุญุตุฑุงู ู ุฎุตูุตุงู ููููู ุฐูู ุจุงููุฑุงุฆู ููููู ุชุนุงูู: {ุฅููููู ูุง ุฃูููุชู ู ูููุฐูุฑู} 2. ูุธุงูุฑู ุงูุญุตุฑ ูู ุงููุฐุงุฑุฉ ูุงูุฑุณูู ูุง ููุญุตุฑ ูู ุฐูู ุจู ูู ุฃูุตุงู ูุซูุฑุฉ ุฌู ููุฉ: ูุงูุจุดุงุฑุฉ ูุบูุฑูุง ููุฐูู ูููู ุชุนุงูู: {ุฅููููู ูุง ุงููุญูููุงุฉู ุงูุฏููููููุง ููุนูุจู ูููููููู} ูุธุงูุฑู ูุงููู ุฃุนูู ุงูุญุตุฑ ุจุงุนุชุจุงุฑ ู ู ุขุซุฑูุง ูุฃู ุง ุจุงููุณุจุฉ ุฅูู ู ุง ูู ููุณ ุงูุฃู ุฑ ููุฏ ุชููู ุณุจุจุงู ุฅูู ุงูุฎูุฑุงุช ููููู ุฐูู ู ู ุจุงุจ ุงูุชุบููุจ ูุฅุฐุง ูุฑุฏุช ูุฐู ุงูููุธุฉ ูุงุนุชุจุฑูุง ูุฅู ุฏู ุงูุณูุงู ูุงูู ูุตูุฏ ู ู ุงูููุงู ุงูุญุตุฑ ูู ุดูุกู ู ุฎุตูุต: ููู ุจู ูุฅูุง ูุงุญู ู ุงูุญุตุฑ ุนูู ุงูุฅุทูุงู ูู ู ูุฐุง ูููู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู : “ุฅูู ุง ุงูุฃุนู ุงู ุจุงูููุงุช” ูุงูู ุฑุงุฏ ุจุงูุฃุนู ุงู: ุงูุฃุนู ุงู ุงูุดุฑุนูุฉ. ูู ุนูุงู: ูุง ูุนุชุฏ ุจุงูุฃุนู ุงู ุจุฏูู ุงูููุฉ ู ุซู ุงููุถูุก ูุงูุบุณู ูุงูุชูู ู ููุฐูู ุงูุตูุงุฉ ูุงูุฒูุงุฉ ูุงูุตูู ูุงูุญุฌ ูุงูุงุนุชูุงู ูุณุงุฆุฑ ุงูุนุจุงุฏุงุชุ ูุฃู ุง ุฅุฒุงูุฉ ุงููุฌุงุณุฉ ููุง ุชุญุชุงุฌ ุฅูู ููุฉ ูุฃููุง ู ู ุจุงุจ ุงูุชุฑู ูุงูุชุฑู ูุง ูุญุชุงุฌ ุฅูู ููุฉุ ูุฐูุจ ุฌู ุงุนุฉ ุฅูู ุตุญุฉ ุงููุถูุก ูุงูุบุณู ุจุบูุฑ ููุฉ.
๐ซLafadz (ุฅูู ุง)
sebagai pembatasan, untuk menetapkan sesuatu yang disebut dan menafikan selainnya, dan terkadang ia mengharuskan (makna) pembatasan mutlak dan terkadang mengharuskan (makna) pembatasan khusus, dan hal ini bisa diketahui dengan indikasi-indikasi seperti
๐firman Allah Ta’ala:
{ุฅููููู ูุง ุฃูููุชู ู ูููุฐูุฑู}
“Sesungguhnya engkau hanyalah seorang pemberi peringatan.” (ar-Ra’d: 7).
๐Lahiriyyahnya (menunjukkan makna) pembatasan pada peringatan, dan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak terbatas hanya pada perkara itu, bahkan beliau memiliki sifat-sifat indah yang banyak seperti (pemberi) kabar gembira dan selainnya, demikian pula
๐firman Allah Ta’ala:
{ุฅููููู ูุง ุงููุญูููุงุฉู ุงูุฏููููููุง ููุนูุจู ูููููููู}
“Sesungguhnya kehidupan dunia itu hanyalah permainan dan senda gurau.” (Muhammad: 7)
Lahiriyyahnya
โwallahu a’lam-
menunjukkan makna pembatasan (jika ditinjau) dari sisi efeknya, adapun (jika ditinjau) dari sisi hakikat perkaranya terkadang (kehidupan dunia )itu menjadi sebab menuju banyak kebaikan, maka hal ini (terhitung) dari sisi pendominasian, jika lafadz ini datang maka perhatikanlah, jika konteks dan maksud sebuah ucapan menunjukkan kepada makna pembatasan khusus, maka katakanlah demikian , dan jika tidak demikian, maka bawalah (makna) pembatasan itu secara mutlak.
๐(Syarh al-Arbain an-Nawawiyyah fi al-Ahadits ash-Shahihah an-Nabawiyyah, hal. 25-26)
Diskusi
Belum ada komentar.