Hadits

Penjelasan Ringkas Arbain Nawawy : Hadits Pertama Tentang Niat (Bagian 2), Kedudukan Hadits Niat

๐Ÿ’ BismiLLAH

๐Ÿ’ญSyarh Ringkas Arba’in An-Nawawy (Lanjutan Penjelasan Hadits yang pertama)

๐Ÿ”บAl-Imam Rajab al-Hanbaliy โ€“rahimahullah- berkata:

ูˆูŽู‡ูŽุฐูŽุง ุงู„ู’ุญูŽุฏููŠุซู ุฃูŽุญูŽุฏู ุงู„ู’ุฃูŽุญูŽุงุฏููŠุซู ุงู„ูŽู‘ุชููŠ ูŠูŽุฏููˆุฑู ุงู„ุฏูู‘ูŠู†ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ูŽุงุŒ ููŽุฑููˆููŠูŽ ุนูŽู†ู ุงู„ุดูŽู‘ุงููุนููŠูู‘ ุฃูŽู†ูŽู‘ู‡ู ู‚ูŽุงู„ูŽ: ู‡ูŽุฐูŽุง ุงู„ู’ุญูŽุฏููŠุซู ุซูู„ูุซู ุงู„ู’ุนูู„ู’ู…ูุŒ ูˆูŽูŠูŽุฏู’ุฎูู„ู ูููŠ ุณูŽุจู’ุนููŠู†ูŽ ุจูŽุงุจู‹ุง ู…ูู†ูŽ ุงู„ู’ููู‚ู’ู‡ู. ูˆูŽุนูŽู†ู ุงู„ู’ุฅูู…ูŽุงู…ู ุฃูŽุญู’ู…ูŽุฏูŽ

๐Ÿ“Œู‚ูŽุงู„ูŽ: ุฃูุตููˆู„ู ุงู„ู’ุฅูุณู’ู„ูŽุงู…ู ุนูŽู„ูŽู‰ ุซูŽู„ูŽุงุซูŽุฉู ุฃูŽุญูŽุงุฏููŠุซูŽ: ุญูŽุฏููŠุซู ุนูู…ูŽุฑูŽ:
ยซุฅูู†ูŽู‘ู…ูŽุง ุงู„ู’ุฃูŽุนู’ู…ูŽุงู„ู ุจูุงู„ู†ูู‘ูŠูŽู‘ุงุชูยป

๐Ÿ“ŒูˆูŽุญูŽุฏููŠุซู ุนูŽุงุฆูุดูŽุฉูŽ:
ยซู…ูŽู†ู’ ุฃูŽุญู’ุฏูŽุซูŽ ูููŠ ุฃูŽู…ู’ุฑูู†ูŽุง ู‡ูŽุฐูŽุง ู…ูŽุง ู„ูŽูŠู’ุณูŽ ู…ูู†ู’ู‡ู ููŽู‡ููˆูŽ ุฑูŽุฏูŒู‘ยป

๐Ÿ“ŒูˆูŽุญูŽุฏููŠุซู ุงู„ู†ูู‘ุนู’ู…ูŽุงู†ู ุจู’ู†ู ุจูŽุดููŠุฑู:
ยซุงู„ู’ุญูŽู„ูŽุงู„ู ุจูŽูŠูู‘ู†ูŒ ูˆูŽุงู„ู’ุญูŽุฑูŽุงู…ู ุจูŽูŠูู‘ู†ูŒ.ยป

“Hadits ini adalah salah satu dari hadits-hadits yang agama ini berporos di atasnya, diriwayatkan dari

๐Ÿ‚(Imam) asy-Syafi’iy bahwasaya beliau berkata: “hadits ini sepertiga ilmu dan masuk ke dalam tujuh puluh pintu fiqh.”

๐Ÿ‘‰๐ŸปDan dari Imam Ahmad, ia berkata: “pondasi Islam berada di atas tiga hadits;

1โƒฃ(pertama) hadits “Sesungguhnya amalan itu tergantung dari niatnya”, dan

2โƒฃ(kedua) hadits Aisyah: “barangsiapa yang mengadakan-ada (amalan baru) dalam urusan (agama) kami yang bukan termasuk darinya, maka ia (amalan itu) tertolak,” dan

3โƒฃ(ketiga) hadits an-Nu’man bin Basyir: “(perkara) yang halal itu jelas dan (sesuatu) yang haram itu jelas.'”

๐Ÿ’๐Ÿ’(Jami al-Ulum wa al-Hikam, hal. 27-28)

๐Ÿ‘ค Ibnu Daqiq al-Ied โ€“rahimahullah- berkata:

ูˆู„ูุธุฉ: “ุฅู†ู…ุง” ู„ู„ุญุตุฑ: ุชุซุจุช ุงู„ู…ุฐูƒูˆุฑ ูˆุชู†ููŠ ู…ุง ุนุฏุงู‡ ูˆู‡ูŠ ุชุงุฑุฉ ุชู‚ุชุถูŠ ุงู„ุญุตุฑ ุงู„ู…ุทู„ู‚ ูˆุชุงุฑุฉ ุชู‚ุชุถูŠ ุญุตุฑุงู‹ ู…ุฎุตูˆุตุงู‹ ูˆูŠูู‡ู… ุฐู„ูƒ ุจุงู„ู‚ุฑุงุฆู† ูƒู‚ูˆู„ู‡ ุชุนุงู„ู‰: {ุฅูู†ูŽู‘ู…ูŽุง ุฃูŽู†ู’ุชูŽ ู…ูู†ู’ุฐูุฑูŒ} 2. ูุธุงู‡ุฑู‡ ุงู„ุญุตุฑ ููŠ ุงู„ู†ุฐุงุฑุฉ ูˆุงู„ุฑุณูˆู„ ู„ุง ูŠู†ุญุตุฑ ููŠ ุฐู„ูƒ ุจู„ ู„ู‡ ุฃูˆุตุงู ูƒุซูŠุฑุฉ ุฌู…ูŠู„ุฉ: ูƒุงู„ุจุดุงุฑุฉ ูˆุบูŠุฑู‡ุง ูˆูƒุฐู„ูƒ ู‚ูˆู„ู‡ ุชุนุงู„ู‰: {ุฅูู†ูŽู‘ู…ูŽุง ุงู„ู’ุญูŽูŠูŽุงุฉู ุงู„ุฏูู‘ู†ู’ูŠูŽุง ู„ูŽุนูุจูŒ ูˆูŽู„ูŽู‡ู’ูˆูŒ} ูุธุงู‡ุฑู‡ ูˆุงู„ู„ู‡ ุฃุนู„ู… ุงู„ุญุตุฑ ุจุงุนุชุจุงุฑ ู…ู† ุขุซุฑู‡ุง ูˆุฃู…ุง ุจุงู„ู†ุณุจุฉ ุฅู„ู‰ ู…ุง ููŠ ู†ูุณ ุงู„ุฃู…ุฑ ูู‚ุฏ ุชูƒูˆู† ุณุจุจุงู‹ ุฅู„ู‰ ุงู„ุฎูŠุฑุงุช ูˆูŠูƒูˆู† ุฐู„ูƒ ู…ู† ุจุงุจ ุงู„ุชุบู„ูŠุจ ูุฅุฐุง ูˆุฑุฏุช ู‡ุฐู‡ ุงู„ู„ูุธุฉ ูุงุนุชุจุฑู‡ุง ูุฅู† ุฏู„ ุงู„ุณูŠุงู‚ ูˆุงู„ู…ู‚ุตูˆุฏ ู…ู† ุงู„ูƒู„ุงู… ุงู„ุญุตุฑ ููŠ ุดูŠุกู ู…ุฎุตูˆุต: ูู‚ู„ ุจู‡ ูˆุฅู„ุง ูุงุญู…ู„ ุงู„ุญุตุฑ ุนู„ู‰ ุงู„ุฅุทู„ุงู‚ ูˆู…ู† ู‡ุฐุง ู‚ูˆู„ู‡ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…: “ุฅู†ู…ุง ุงู„ุฃุนู…ุงู„ ุจุงู„ู†ูŠุงุช” ูˆุงู„ู…ุฑุงุฏ ุจุงู„ุฃุนู…ุงู„: ุงู„ุฃุนู…ุงู„ ุงู„ุดุฑุนูŠุฉ. ูˆู…ุนู†ุงู‡: ู„ุง ูŠุนุชุฏ ุจุงู„ุฃุนู…ุงู„ ุจุฏูˆู† ุงู„ู†ูŠุฉ ู…ุซู„ ุงู„ูˆุถูˆุก ูˆุงู„ุบุณู„ ูˆุงู„ุชูŠู…ู… ูˆูƒุฐู„ูƒ ุงู„ุตู„ุงุฉ ูˆุงู„ุฒูƒุงุฉ ูˆุงู„ุตูˆู… ูˆุงู„ุญุฌ ูˆุงู„ุงุนุชูƒุงู ูˆุณุงุฆุฑ ุงู„ุนุจุงุฏุงุชุŒ ูุฃู…ุง ุฅุฒุงู„ุฉ ุงู„ู†ุฌุงุณุฉ ูู„ุง ุชุญุชุงุฌ ุฅู„ู‰ ู†ูŠุฉ ู„ุฃู†ู‡ุง ู…ู† ุจุงุจ ุงู„ุชุฑูƒ ูˆุงู„ุชุฑูƒ ู„ุง ูŠุญุชุงุฌ ุฅู„ู‰ ู†ูŠุฉุŒ ูˆุฐู‡ุจ ุฌู…ุงุนุฉ ุฅู„ู‰ ุตุญุฉ ุงู„ูˆุถูˆุก ูˆุงู„ุบุณู„ ุจุบูŠุฑ ู†ูŠุฉ.

๐Ÿ’ซLafadz (ุฅู†ู…ุง)

sebagai pembatasan, untuk menetapkan sesuatu yang disebut dan menafikan selainnya, dan terkadang ia mengharuskan (makna) pembatasan mutlak dan terkadang mengharuskan (makna) pembatasan khusus, dan hal ini bisa diketahui dengan indikasi-indikasi seperti

๐Ÿ’firman Allah Ta’ala:

{ุฅูู†ูŽู‘ู…ูŽุง ุฃูŽู†ู’ุชูŽ ู…ูู†ู’ุฐูุฑูŒ}

“Sesungguhnya engkau hanyalah seorang pemberi peringatan.” (ar-Ra’d: 7).

๐Ÿ”–Lahiriyyahnya (menunjukkan makna) pembatasan pada peringatan, dan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak terbatas hanya pada perkara itu, bahkan beliau memiliki sifat-sifat indah yang banyak seperti (pemberi) kabar gembira dan selainnya, demikian pula

๐Ÿ’firman Allah Ta’ala:

{ุฅูู†ูŽู‘ู…ูŽุง ุงู„ู’ุญูŽูŠูŽุงุฉู ุงู„ุฏูู‘ู†ู’ูŠูŽุง ู„ูŽุนูุจูŒ ูˆูŽู„ูŽู‡ู’ูˆูŒ}

“Sesungguhnya kehidupan dunia itu hanyalah permainan dan senda gurau.” (Muhammad: 7)

Lahiriyyahnya

โ€“wallahu a’lam-

menunjukkan makna pembatasan (jika ditinjau) dari sisi efeknya, adapun (jika ditinjau) dari sisi hakikat perkaranya terkadang (kehidupan dunia )itu menjadi sebab menuju banyak kebaikan, maka hal ini (terhitung) dari sisi pendominasian, jika lafadz ini datang maka perhatikanlah, jika konteks dan maksud sebuah ucapan menunjukkan kepada makna pembatasan khusus, maka katakanlah demikian , dan jika tidak demikian, maka bawalah (makna) pembatasan itu secara mutlak.

๐Ÿ“š(Syarh al-Arbain an-Nawawiyyah fi al-Ahadits ash-Shahihah an-Nabawiyyah, hal. 25-26)

About Fahruddin Abu Shafiyyah

Hanya Seorang Hamba Yang Sangat Butuh Kepada Ampunan Rabbnya

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Radio An-Nash Jakarta

Daftar Coretan

%d blogger menyukai ini: