Hadits

Penjelasan Ringkas Arbain Nawawy : Hadits Pertama Tentang Niat (Bagian 2), Kedudukan Hadits Niat

💐 BismiLLAH

💭Syarh Ringkas Arba’in An-Nawawy (Lanjutan Penjelasan Hadits yang pertama)

🔺Al-Imam Rajab al-Hanbaliy –rahimahullah- berkata:

وَهَذَا الْحَدِيثُ أَحَدُ الْأَحَادِيثِ الَّتِي يَدُورُ الدِّينُ عَلَيْهَا، فَرُوِيَ عَنِ الشَّافِعِيِّ أَنَّهُ قَالَ: هَذَا الْحَدِيثُ ثُلُثُ الْعِلْمِ، وَيَدْخُلُ فِي سَبْعِينَ بَابًا مِنَ الْفِقْهِ. وَعَنِ الْإِمَامِ أَحْمَدَ

📌قَالَ: أُصُولُ الْإِسْلَامِ عَلَى ثَلَاثَةِ أَحَادِيثَ: حَدِيثُ عُمَرَ:
«إِنَّمَا الْأَعْمَالُ بِالنِّيَّاتِ»

📌وَحَدِيثُ عَائِشَةَ:
«مَنْ أَحْدَثَ فِي أَمْرِنَا هَذَا مَا لَيْسَ مِنْهُ فَهُوَ رَدٌّ»

📌وَحَدِيثُ النُّعْمَانِ بْنِ بَشِيرٍ:
«الْحَلَالُ بَيِّنٌ وَالْحَرَامُ بَيِّنٌ.»

“Hadits ini adalah salah satu dari hadits-hadits yang agama ini berporos di atasnya, diriwayatkan dari

🍂(Imam) asy-Syafi’iy bahwasaya beliau berkata: “hadits ini sepertiga ilmu dan masuk ke dalam tujuh puluh pintu fiqh.”

👉🏻Dan dari Imam Ahmad, ia berkata: “pondasi Islam berada di atas tiga hadits;

1⃣(pertama) hadits “Sesungguhnya amalan itu tergantung dari niatnya”, dan

2⃣(kedua) hadits Aisyah: “barangsiapa yang mengadakan-ada (amalan baru) dalam urusan (agama) kami yang bukan termasuk darinya, maka ia (amalan itu) tertolak,” dan

3⃣(ketiga) hadits an-Nu’man bin Basyir: “(perkara) yang halal itu jelas dan (sesuatu) yang haram itu jelas.'”

💐💐(Jami al-Ulum wa al-Hikam, hal. 27-28)

👤 Ibnu Daqiq al-Ied –rahimahullah- berkata:

ولفظة: “إنما” للحصر: تثبت المذكور وتنفي ما عداه وهي تارة تقتضي الحصر المطلق وتارة تقتضي حصراً مخصوصاً ويفهم ذلك بالقرائن كقوله تعالى: {إِنَّمَا أَنْتَ مُنْذِرٌ} 2. فظاهره الحصر في النذارة والرسول لا ينحصر في ذلك بل له أوصاف كثيرة جميلة: كالبشارة وغيرها وكذلك قوله تعالى: {إِنَّمَا الْحَيَاةُ الدُّنْيَا لَعِبٌ وَلَهْوٌ} فظاهره والله أعلم الحصر باعتبار من آثرها وأما بالنسبة إلى ما في نفس الأمر فقد تكون سبباً إلى الخيرات ويكون ذلك من باب التغليب فإذا وردت هذه اللفظة فاعتبرها فإن دل السياق والمقصود من الكلام الحصر في شيءٍ مخصوص: فقل به وإلا فاحمل الحصر على الإطلاق ومن هذا قوله صلى الله عليه وسلم: “إنما الأعمال بالنيات” والمراد بالأعمال: الأعمال الشرعية. ومعناه: لا يعتد بالأعمال بدون النية مثل الوضوء والغسل والتيمم وكذلك الصلاة والزكاة والصوم والحج والاعتكاف وسائر العبادات، فأما إزالة النجاسة فلا تحتاج إلى نية لأنها من باب الترك والترك لا يحتاج إلى نية، وذهب جماعة إلى صحة الوضوء والغسل بغير نية.

💫Lafadz (إنما)

sebagai pembatasan, untuk menetapkan sesuatu yang disebut dan menafikan selainnya, dan terkadang ia mengharuskan (makna) pembatasan mutlak dan terkadang mengharuskan (makna) pembatasan khusus, dan hal ini bisa diketahui dengan indikasi-indikasi seperti

💐firman Allah Ta’ala:

{إِنَّمَا أَنْتَ مُنْذِرٌ}

“Sesungguhnya engkau hanyalah seorang pemberi peringatan.” (ar-Ra’d: 7).

🔖Lahiriyyahnya (menunjukkan makna) pembatasan pada peringatan, dan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak terbatas hanya pada perkara itu, bahkan beliau memiliki sifat-sifat indah yang banyak seperti (pemberi) kabar gembira dan selainnya, demikian pula

💐firman Allah Ta’ala:

{إِنَّمَا الْحَيَاةُ الدُّنْيَا لَعِبٌ وَلَهْوٌ}

“Sesungguhnya kehidupan dunia itu hanyalah permainan dan senda gurau.” (Muhammad: 7)

Lahiriyyahnya

–wallahu a’lam-

menunjukkan makna pembatasan (jika ditinjau) dari sisi efeknya, adapun (jika ditinjau) dari sisi hakikat perkaranya terkadang (kehidupan dunia )itu menjadi sebab menuju banyak kebaikan, maka hal ini (terhitung) dari sisi pendominasian, jika lafadz ini datang maka perhatikanlah, jika konteks dan maksud sebuah ucapan menunjukkan kepada makna pembatasan khusus, maka katakanlah demikian , dan jika tidak demikian, maka bawalah (makna) pembatasan itu secara mutlak.

📚(Syarh al-Arbain an-Nawawiyyah fi al-Ahadits ash-Shahihah an-Nabawiyyah, hal. 25-26)

Iklan

About Fahruddin Abu Shafiyyah

Hanya Seorang Hamba Yang Sangat Butuh Kepada Ampunan Rabbnya

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Radio An-Nash Jakarta

Daftar Coretan

%d blogger menyukai ini: