Fiqih/Tanya Jawab, Hadits

Ketahui Keutamaan dan Amalkan Doa Setelah Berwudhu

عَنْ عُمَرَ رضي الله عنه قَالَ: قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم ( مَا مِنْكُمْ مِنْ أَحَدٍ يَتَوَضَّأُ فَيُسْبِغُ اَلْوُضُوءَ ثُمَّ يَقُولُ: أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اَللَّهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ إِلَّا فُتِحَتْ لَهُ أَبْوَابُ اَلْجَنَّةِ )  أَخْرَجَهُ مُسْلِم وَاَلتِّرْمِذِيُّ وَزَادَ ( اَللَّهُمَّ اِجْعَلْنِي مِنْ اَلتَّوَّابِينَ وَاجْعَلْنِي مِنْ اَلْمُتَطَهِّرِين
Umar Radliyallaahu ‘anhu berkata: Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam bersabda: “Tiada seorang pun di antara kamu yang berwudlu dengan sempurna kemudian berdo’a: Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah Yang Esa tiada sekutu bagiNya dan aku bersaksi bahwa Muhammad itu hambaNya dan utusanNya-kecuali telah dibukakan baginya pintu syurga yang delapan ia dapat masuk melalui pintu manapun yang ia kehendaki.” Diriwayatkan oleh Muslim dan Tirmidzi dengan tambahan (doa): “Ya Allah jadikanlah aku termasuk orang-orang yang bertaubat dan jadikanlah aku pula termasuk orang-orang yang selalu mensucikan diri.”
(HR Muslim 234 dan Tirmidzi 55)
 
Faidah :
1. Keutamaan Menyempurnakan dan Memperbagus Wudhu
2. Keutamaan Doa Setelah Berwudhu dan anjuran untuk bersemangat menghafalkan dan mengamalkannya
3. Pintu Surga itu ada 8
4. Lafal tambahan dalam riwayat imam at Tirmidzi adalah tambahan yang lemah sebab ia Syadz atau bertentangan dengan riwayat yang lebih shahih. Imam Ibnu Majah dan Abu Dawud juga meriwayatkan yang semisal tanpa tambahan lafal tersebut. Imam At Tirmidzi sendiri mengomentarinya “Dan hadits ini dalam sanadnya mengalami idltirab (kegoncangan), dan dalam bab ini tidak ada hadits yang sah dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam.”
5. Sehingga lafal doa setelah berwudhu yang shahih adalah yang dalam riwayat Muslim.
6. Hendaknya sebelum mengamalkan sebuah hadits dia pastikan dulu keshahihan hadits tersebut.
7. Boleh saja seseorang sesekali membaca doa yang disebutkan imam at Tirmidzi tapi tidak melakukannya dan tidak meyakini itu dari Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam
8. Ada doa lain yang diajarkan oleh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam 

diriwayatkan dari Abu Sa’id Al-Khudhri radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

من تَوَضَّأ فَقَالَ سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِك أشهد أَن لَا إِلَه إِلَّا أَنْت استغفرك وَأَتُوب إِلَيْك كتب فِي رق ثمَّ طبع بِطَابع فَلم يكسر إِلَى يَوْم الْقِيَامَة

“Barangsiapa yang berwudhu kemudian setelah berwudhu mengucapkan doa,’Subhaanaka allahumma wabihamdika asyhadu an laa ilaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika’ [Maha suci Engkau ya Allah, segala puji untuk-Mu, tidak ada sesembahan yang berhak disembah selain Engkau, aku memohon ampun dan bertaubat kepada-Mu] maka akan ditulis di lembaran berwarna putih kemudian di-stempel dan tidak akan hancur sampai hari kiamat.” [HR. An-Nasa’i dalam ‘Amal Yaum wal Lailah no. 30. Dinilai shahih oleh Al-Albani di Shahihul Jami’ hadits no. 6046.]
9. Kedua doa di atas boleh diamalkan secara bergantian dan tidak dikumpulkan atau dibaca bersamaan sebab Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengajarkannya secara terpisah.
Keterangan :
Faidah dari Al Ustadz Dzulqarnain pada pembahasan Kitab Bulughul Maram di Mesjid as Sunnah Makassar pada Malam Selasa 22 Agustus 2016. Di dengarkan melalui Radio an Nashihah FM 88,2 Sakinah Dengan Sunnah.
Penomoran Hadits Berdasarkan pada Takhrijnya Kitab Bulughul Maram yang saya pegang. Dan komentar al Imam At Tirmidzi serta Riwayat yang lain dilihat di aplikasi Lidwa untuk Android.

About Fahruddin Abu Shafiyyah

Hanya Seorang Hamba Yang Sangat Butuh Kepada Ampunan Rabbnya

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Radio An-Nash Jakarta

Daftar Coretan

%d blogger menyukai ini: