Nasehat

Perkara Yang Bisa Membantu Meninggalkan Maksiat

🕌

*#Tabligh Akbar Se SulSelBar V*

_*Faidah Tausiyah Shubuh di Masjid Al Markaz Al Ma’arif Bone*_

Perkara2 yg bisa membantu kita untuk meninggalkan perbuatan dosa.

– Seorang hamba hendaknya senantiasa menyaksikan dalam dirinya keagungan dan kebesaran Allah ta’ala, di mana Allah ta’ala maha melihat, maha mendengar perbuatan hamba hambaNya.

– seorang hamba senantiasa memperbesar kecintaanya kepada Allah ta’ala. Orang yg cinta kepada Allah ta’ala dengan sebenar benarnya cinta, pasti tidak akan melakukan sesuatu yang tidak dicintai oleh Allah ta’ala.

– seorang hamba senantiasa mengingat nikmat Allah ta’ala. Orang yg bersyukur ialah orang yang memanfaatkan nikmat yang Allah ta’ala berikan padanya untuk beribadah serta menjauhkan dirinya dari perbuatan maksiat.

– seorang hamba hendaknya senantiasa mengingat besarnya kemarahan dan kemurkaan Allah ta’ala kepada orang orang yang melakukan perbuatan dosa. Jadi jangan sampai kita menganggap remeh dan menganggap kecil sebuah perbuatan dosa.

– seorang hamba senantiasa mengingat berapa banyak waktu yang terluput dari kebaikan ketika melakukan sebuah perbuatan dosa.

– senantiasa kita ingat bahwa kita berjalan menjalani kehidupan ini, kita sedang berjuang melawan 2 sumber kejelekan yaitu melawan hawa nafsu dan melawan syaithon.

– senantiasa kita ingat janji Allah ta’ala, ketika kita meninggalkan sesuatu karena Allah ta’ala maka Allah ta’ala akan menggantikannya dengan yang lebih baik

– senantiasa seorang hamba mengingat kematiannya, jangan sampai kematian itu tiba tiba datang sedangkan kita dalam kondisi melakukan perbuatan dosa dan maksiat.

– senantiasa kita harus ingat siapa sebenarnya orang yg sakit dan orang yang sehat. Orang yg sakit walau jasadnya kelihatan sehat tapi dia melakukan perbuatan dosa maka hakikatnya orang tersebut sedang sakit, Begitupun sebaliknya.

– menahan jiwa untuk bercita cita melakukan perbuatan kejelekan atau melakukan perbuatan dosa.
Asalnya perbuatan dosa ialah hanya terlintas, ketika dibiarkan maka akan ada cita2 untuk melakukan perbuatan dosa tersebut, ketika dibiarkan maka ada keinginan untuk segera melakukan perbuatan dosa tersebut.

– kita menghindari dari sebab2 kita terjerumus dalam perbuatan dosa.

– memalingkan diri diri kita kepada Al Qur’an, tadabburi ayat Allah ta’ala yang dengannya ketika kita tersibukkan maka diri ini tidak akan terpikirkan untuk melakukan perbuatan dosa.

– memikirkan dunia ini yang begitu cepat berlalu, dimana dunia ini hanya sementara.

– senantiasa kita bertawakkal kepada Allah ta’ala, jangan berlaku sombong dan menganggap bahwa kita bisa melakukan sesuatu tanpa pertolongan Allah ta’ala. Bersandarlah kepada Allah ta’ala.

– hendaknya seorang hamba mengingat bahwa ada 2 jalan yang bisa dia tempuh, yaitu jalan menuju kepada keridhoan Allah ta’ala dan yang satunya ialah jalan menuju kebinasaan serta adzab Allah ta’ala

– kita harus yakini bahwa rahmat Allah ta’ala akan turun kepada hati hati yang memang menginginkannya, oleh karena itu jangan sampai hati ini terkotori oleh perbuatan dosa yang mengakibatkan rahmat Allah ta’ala tidak akan turun ke hatinya.

– hendaknya seorang hamba mengetahui bahwa apa yang kami sebutkan itu tidak akan menjadi sebab terlepasnya dari perbuatan dosa bila hanya diketahui saja tanpa ada pengamalan. Maka dari itu seorang hamba harus betul betul menerapkan ilmu ilmu yang menjadi sebab membantu kita dalam perbuatan dosa.

Ustadz Amrullah Dg. Sipato hafidzahullah

About Fahruddin Abu Shafiyyah

Hanya Seorang Hamba Yang Sangat Butuh Kepada Ampunan Rabbnya

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Radio An-Nash Jakarta

Daftar Coretan

%d blogger menyukai ini: