Nasehat

Empat Jenis Manusia Yang Merusak Agama

❤💛💚💙💜❤💛💚💙💜
FAIDAH

📚EMPAT JENIS MANUSIA YANG MERUSAK AGAMA

🌼Lenyapnya agama Islam di tangan empat jenis manusia :

1⃣ manusia yang tidak mengamalkan sesuatu yang telah diketahui

2⃣ manusia yang tidak memiliki ilmu terhadap apa yang dia amalkan

3⃣ manusia yang tidak berilmu dan tidak beramal

4⃣ manusia yang menghalangi manusia dari menuntut ilmu

Jenis pertama seorang yang memiliki ilmu tanpa adanya amalan terhadap ilmu tersebut. Maka orang ini adalah adalah jenis manusia yang paling memudhorotkan terhadap keumuman manusia. Karena sesungguhnya dia akan menjadi dalil bagi mereka dalam seluruh perkara yang kurang dan rapuh.
Jenis kedua seorang hamba yang ahli ibadah akan tetapi bodoh. Maka sesungguhnya manusia menaruh baik sangka kepadanya karena ibadah yang dia lakukan dan kesholihan dia sehingga mereka mengikuti orang ini di atas kebodohannya.
Dua jenis manusia ini adalah yang telah disebutkan oleh sebagian salaf dalam ucapan mereka :
احْذَرُوا فتْنَة الْعَالم الْفَاجِر وَالْعَابِد الْجَاهِل
“Hati-hati kalian dari fitnah seorang alim yang fajir ( jelek ) dan seorang hamba yang jahil ( bodoh )”

Maka sesungguhnya fitnah kedunya merupakan fitnah bagi setiap orang yang terfitnah. Maka sesungguhnya manusia hanyalah mengikuti ulama’ dan ahli ibadah mereka. Maka apabila para ulama’ adalah orang-orang yang jelek dan para ahli ibadah adalah orang-orang yang bodoh, mushibah ini semakin merata dengan sebab keduanya dan fitnah ini semakin besar menimpa orang yang khusus dan umum.
Jenis ketiga orang-orang yang tidak memiliki ilmu dan tidak beramal dengan ilmunya. Mereka ini seperti binatang ternak yang digembalakan.
Jenis keempat para wakil Iblis di atas muka bumi. Mereka adalah orang-orang yang menghalangi manusia dari menuntut ilmu dan memahami agama. Maka mereka ini lebih memudhorotkan/lebih bahaya dari syetan dari jenis jin. Karena mereka telah menghalangi hati-hati ( manusia ) dari petunjuk Alloh dan jalan-Nya.
( Miftah Darus Sa’adah : 1/160 ).

🖊Ustadz Abdullah bin Abdurrahman Al-Jirani

🔴🔴🔴🔷🔷🔷🔴🔴🔴

About Fahruddin Abu Shafiyyah

Hanya Seorang Hamba Yang Sangat Butuh Kepada Ampunan Rabbnya

Diskusi

Komentar ditutup.

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Radio An-Nash Jakarta

Daftar Coretan

%d blogger menyukai ini: