Uncategorized

🌙 *JENIS-JENIS MANUSIA DI BULAN RAMADHAN*

بسم الله الرحمن الرحيم

Bulan Ramadhan bulan yang mulia, di dalamnya terdapat berbagai keutamaan yang besar dan agung. Dan tentunya setiap orang berbeda dan bermacam-macam dalam memanfaatkan waktunya di bulan yang penuh berkah ini.

➡Diantara mereka ada yang menjadikan bulan Ramadhan sebagai musim ibadah, dia bertaqarrub di dalamnya kepada Allah dengan berbagai bentuk ketaatan. Hatinya dipenuhi dengan kesyukuran, lisannya selalu berdzikir, dan anggota tubuhnya sibuk dengan ketaatan.

Orang jenis ini telah menjadikan dunia di belakang punggungnya, dan menghadapkan dirinya kepada Ridha Rabbnya dan mengharap RahmatNya, serta takut akan AdzabNya.

Jika diingatkan kepadanya tentang Ramadhan, maka yang ada di benaknya adalah puasa, tarawih, membaca Al-Quran, do’a dan dzikir, dan berbagai kebaikan dan ketaatan.

Orang jenis ini adalah yang paling mulia dan paling utama dan paling tinggi derajatnya di sisi Allah.

Kami memohon kepada Allah agar menjadikan kami termasuk bagian mereka.

➡Diantara mereka ada yang menjadikan bulan Ramadhan sebagai musim perdagangan dunia, mereka menantinya dengan sabar agar berkembang dagangannya, bertambah saldonya, dan bertambah banyak hartanya. Ramadhan baginya adalah peluang emas untuk meraup dinar dan dirham.

Jika diingatkan kepadanya Ramadhan maka yang ada di benaknya adalah panen harta dan bagian dunia yang fana ini. Bahkan bisa jadi dia tidak peduli dengan Tarawih, dan bisa jadi Ramadhan berlalu tanpa membaca sedikitpun dari Al-Quran. Dia pun menyia-nyiakan waktu terbaiknya dan hari-hari dan malam-malam termahalnya.

Kami memohon kepada Allah Afiyah dan keselamatan.

➡Diantara mereka ada yang menjadikan bulan Ramadhan sebagai musim untuk mengikuti hal-hal yang baru yang dipamerkan di TV dan Bioskop, dan yang baru dari film, pentas, dan sandiwara serta perlombaan. Maka engkau melihat dia berpindah dari satu acara ke acara lainnya, film ke film lainnya, sinetron ke sinetron lainnya, pentas ke pentas lainnya, begitulah dia menyia-nyiakan waktunya.

Orang jenis ini jika diingatkan kepadanya Ramadhan maka yang ada dibenaknya adalah layar TV yang menghabiskan waktunya.
Wa Lã Hawla wa Lã Quwwata Illã Billah Al-Aliyyil-Azhîm.

➡Diantara mereka ada yang menjadikan bulan Ramadhan sebagai musim bermain bola kaki, bola volly dan bola basket, domino, catur, tenis, dan selainnya dari permainan.

Orang jenis ini jika diingatkan kepadanya Ramadhan maka yang ada di benaknya adalah permainan-permainan ini.

➡Diantara mereka ada yang menjadikan bulan Ramadhan sebagai musim makanan dan minuman. Dia ke pasar untuk mengumpulkan apa yang lezat dan enak, dia mempersiapkan hidangan, lalu menyantapnya di malam hari dengan lahapnya sampai penuh perutnya dan sangat kenyang.

Orang jenis ini jika diingatkan kepadanya Ramadhan maka yang ada di benaknya adalah hidangan yang banyak dan berbagai jenis makanan dan minuman.

➡Diantara mereka ada yang menjadikan Ramadhan sebagai musim tidur dan malas-malasan, dia banyak tidurnya siang dan malam.

Orang jenis ini jika diingatkan kepadanya Ramadhan maka yang ada dibenaknya adalah tidur, dia menghabiskan sebagian besar waktunya untuk tidur.

➡Diantara mereka ada yang menjadikan bulan Ramadhan untuk menyebarkan bid’ah dan khurafat.

Orang jenis ini jika dingatkan kepadanya Ramadhan maka yang ada dibenaknya adalah menyebarkan bid’ah, dzikir dan doa jama’ah, perayaan-perayaan maulid dan berbagai bid’ah dan khurafat

Kami memohon kepada Allah agar menganugerahkan kepada kami ittiba’ kepada sunnah dalam semua ucapan dan perbuatan.

👉saudaraku, lihatlah keadaan dirimu, termasuk jenis manakah engkau?.

📚(Disarikan dari Mudzakkirah Fi Ahkãm Ash-Shiyãm:74-78, dengan ringkasan dan perubahan oleh penulis)

وبالله التوفيق.

🗓18 Ramadhan 1439
✍🏻Muhammad Abu Muhammad Pattawe,
🕌Darul-Hadits Ma’bar-Yaman

Iklan

About Fahruddin Abu Shafiyyah

Hanya Seorang Hamba Yang Sangat Butuh Kepada Ampunan Rabbnya

Diskusi

Komentar ditutup.

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Radio An-Nash Jakarta

Daftar Coretan

Iklan
%d blogger menyukai ini: